RSS

Scaling Gigi

21 Jan

Posting pertama di tahun 2012, sekarang beda postingan, bukan tentang makanan atau kuliner lagi.

mau share tentang pengalaman pertama aku scaling gigi. yup, scaling gigi bahasa sopannya dari pembersihan karang gigi. Waktu kejadian baru saja tadi siang jam 10an di RSGM Bandung yang di Jl. Riau. Sebenernya tujuan utama bukan untuk scaling, tapi untuk pasang kawat gigi. jadi tahun lalu aku periksa gigiku di kampung halaman, Tasik. Mau ngilangin gingsul yang ngeganggu banget penampilan kalo mau pose nyengir hahha. Sang dokter pun nyaranin buat pasang behel aja, tapi dia bilang memang harus rutin perawatan seminggu sekali. Dengan pertimbangan kuliah di Bandung dan memang dasarnya takut dicabut2 giginya seperti pengalaman temen2 aku, ahirnya diurungkan untuk pasang behel. Namun, akhir tahun kemaren kepikiran buat pasang behel di tahun 2012, yup resolusi.

Balik ke RSGM Bdg *kelamaan ngalor ngidul*… Pergi bareng teteh dan ponakan ke tkp, nyampe sana parkir motor, ambil tiket pendaftaran, daftar ke bagian informasi ditanya masalah giginya apa, ngisi form yang dikasih mas informasinya, trus dikasih nomor antrean dan dibilangin musti pergi ke ruang mana. Dan wew, aku dapat nomor antrean 1. Ruangan buat pasang behel di ruang 3 (Orthodontia). Nunggu 5 menit, akhirnya dipanggil namaku. Masuk ruangan, disuruh duduk, dapet dokternya yg cewe (nama dirahasiakan), nanya2 keluhan dan basa basi. Trus diperiksa giginya, disuruh scaling gigi dulu trus foto rontgen Panoramic dan Cephalometri di Lab Pramita yang lokasinya gx jauh dari tkp. Kesan pertama dokternya jutek banget, nyebelin, dia sok buru2 gtu, gx suka kita lama2 di ruangan, malah asistennya yang cowo yang baik. oh iya, dokternya bilang biaya pasang behel Rp 4jt, dan harus perawatan seminggu sekali ke tkp. Asistennya ngasih form aku, trus disuruh ke kassa, trus daftar lagi buat scaling.

Next, aku ke kassa, bayar Rp30rb buat konsul tadi. Trus daftar ulang ke mas informasi, kali ini dapatnya nomor antrean 9 di ruang 9 (Nerlodontia). Nunggu ada 20menitan, masuk ruangan, duduk, langsung dibor, asliiiiiiii nyeri banget linu. Aku cuman merem sambil mulut nganga. Trus disuruh kumur mulut, buset dah keluar itu semua darah ama karangnya, yeaaaaaaaks. abis itu pake alatnya beda lagi, gx terlalu sakit, buat ngeratain bagian yang tadi dah dikelupas karangnya. gx lama sih, kumur lagi, selesai. Sakit tapi seneng deh lihat gigi putih mengkilap, si kuningnya hilang😀 Tapi itu baru rahang bawah, dokternya bilang yang bawah aja dulu, untuk rahang atas hari selasa *karena senennya imlek*. Kecewa deh, soalnya gx bisa rontgen sebelum scalingnya beres. Trus asistennya ngasih form aku lagi, cus ke kassa, bayar Rp 120rb buat scaling rahang bawah. FYI, abis scaling banyakin makan buah-buahan berserat dan berair. Cus dah balik ke rumah ama teteh dan ponakan. Nyampe rumah haus banget, minum air putih dah, linuuuuuu weeeee😥 Kebayang dah kalo scaling langsung atas bawah, kagak bisa minum. Rencananya selasa depan mau cus lg ke tkp buat scaling rahang atas trus rontgen ke Pramita trus kasih hasil rontgen ke dokter behelku. Wait for my next post🙂

 
24 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 21, 2012 in Tooth, Treatment

 

Tag: , ,

24 responses to “Scaling Gigi

  1. ihfan praistama (@boutiew)

    Maret 30, 2012 at 6:25 am

    berarti harga scaling rahang bawah 120 ribu, itu semua gigi bawah atau untuk satu gigi?

     
    • noi noy

      Maret 30, 2012 at 7:42 am

      @ihfan: buat semua gigi bawah, tapi harganya itu tergantung tingkat ketebalan karangnya mas hahaha. kalo gigi normal mah 80rb an🙂

       
  2. cheya

    Maret 31, 2012 at 7:35 pm

    Totalnya berapa mbak bayar semua sampe behel di pasang? Paling bagus di situ yah?

     
    • noi noy

      April 9, 2012 at 5:23 pm

      saya sampai sekarang masih blm pasang behel karena ternyata saya blm siap mental, rencana bulan mei atau juni. makanya saya blm bwt lanjutan blog ini hahhaha.

      tapi waktu itu sempet konsul sama dokternya tentang budgetnya, rinciannya:

      1. scaling gigi = max Rp 200rb (harga tergantung ketebalan karang giginya)
      2. rontgen = kurang dari Rp 600rb (saya lupa tepatnya berapa)
      3. pasang behel = Rp 4jt (harga fix)
      4. perawatan seminggu sekali = kurang dari Rp 100rb (saya lupa tepatnya berapa)

      yah silahkan mbaknya totalin saja. tapi waktu itu budget saya Rp 10jt, dokternya bilang sudah sangat cukup.

      kalau dibilang paling bagus, saya kurang tau. tapi saya pilih RSGM soalnya ini milik pemerintah dan harganya memang normal selain itu dokternya jg kan udh bersertifikasi atau apalah.

       
  3. Kartika

    April 5, 2012 at 4:28 am

    terus harga rontgen gigi yang panoramic tuh berapa mba? rontgen gigi tuh digimanain sih, tadi aku ke dokter mau cabut gigi tapi dsuruh rontgen dulu, aku takut deh, hehee

     
    • noi noy

      April 9, 2012 at 5:27 pm

      rontgen panoramic kalau di pramita sekitar Rp 200rb.
      gx usah takut mbak, rontgen mah cuman kayak difoto doang.
      ntar masuk lab trus disuruh mulutnya dibuka lebar, yah sejenis x ray gtu, gx diotak atik kok giginya😀

       
      • Kartika

        April 12, 2012 at 3:45 am

        akhirnya aku udah rontgen panoramic itu mba, iya cuma gitu doang ternyata, hehee… aku kan d jogja, aku rontgen di RSUP DR.Sardjito murah mba, cuma 56ribu ajah tu panoramic..

         
      • noi noy

        April 12, 2012 at 4:19 pm

        iya kan.. wah muraaah tp klo saya ngebelain kesana mahal di ongkos wkwkkwk

         
  4. semesta

    Juni 5, 2012 at 12:42 pm

    Mbak.. aku habis scalling di RSGM FKG UGM, sama koass.. gigi atas-bawah-kiri-kanan-pokoknya semua (2,5jam lebih) biayanya 50ribu doang😀
    dan… cliiing :p

     
    • noi noy

      Juni 6, 2012 at 5:20 am

      wah envy, murah yah di jogja😀

       
  5. yaskuchayu

    September 3, 2012 at 4:55 am

    hehe aku pertama kali scaling di tria dipa,
    karena ada gigi yg ga bisa sembarang dicabut, sekalian scaling..
    harganya 750rb😀 wow
    tapi hasilnya gigi nyaman banget,,😀

     
  6. hajar afriani

    Oktober 11, 2012 at 10:04 am

    Mo scaling gigi, takut2 gimana gitu😦

     
  7. tqo

    Oktober 19, 2012 at 5:31 am

    aku lagi cari2 info rontgen panoramic di pramita, 200rb itu untuk semua gigi mba?

     
    • noi noy

      Oktober 20, 2012 at 7:16 am

      iya untuk semua gigi, tergantung banyak karang giginya sih. Saya udh rontgen sebelum dibehel di pramita, ternyata nggak sampai 250rb🙂

       
  8. Regy

    Oktober 31, 2012 at 12:10 pm

    Mbak, mau minta info selengkapnya donk… Kalo bisa sih kontak langsung sama mbaknya. Ditunggu ya. Terimakasih🙂

     
    • noi noy

      November 1, 2012 at 7:56 am

      via twitter aja yah, @noinotnoy

       
  9. syifaqiza

    November 1, 2012 at 5:43 am

    kl scaling gigi d rsgm bandung skalian sama bleaching (pemutihan)nya g?
    trs priksa setelah pasang behel beneran harus 1minggu skali y?

     
    • noi noy

      November 1, 2012 at 7:59 am

      scaling cuman bersihin karang gigi, bleaching beda lagi.
      kontrol gigi setelah pasang behel itu 3minggu sekali🙂

       
  10. sisi

    Januari 3, 2013 at 2:13 pm

    Scalling gi” sakit Ɣªª mba? Saya qra ga bakalan sakit . Hfffttt. -_- .
    Qra” kalo pk behel, suatu saat di lepass, hsl nyaa bakalan gmn? soalnya takut gada hasilnya. Ato bahkan tambah parah😦

     
    • noi noy

      Januari 21, 2013 at 2:13 am

      sakit ngilu sih kalo scaling.
      bagusnya dilepasnya kalo menurut dokter kita udah boleh dilepas, aku ini udah jalan bulan ke 5 lumayan udah banyak perubahan bagus🙂

       
  11. firman

    Maret 15, 2013 at 10:21 am

    Kmrn sy konsul k drg sp ortho pasang behel 7,5 juta. Emg sp ortho harganya segitu ato kemahalan? udh disuruh scalling 200rb tp blm dilaksanakan…..
    Kalo mbak sp ortho jg ga???

     
    • noi noy

      Maret 15, 2013 at 3:18 pm

      dokterku sp ortho juga.

      kalo urusan harga itu tergantung kebijakan dokternya yah, tapi kan aku pasang behelnya di rsgm jadi harganya di bawah harga dokter sp ortho yang buka praktik sendiri.

      menurutku sih 7,5 jt kemahalan. pas awal pasang behel aku cuman 4 jt.

       
      • firman

        Maret 16, 2013 at 2:12 pm

        Mnrt sy emg kemahalan sih mknya dipending dl smbil nyari rekomendasi. 7,5 br pasang doang blm lagi biaya ini itunya. Kalo RsGM gt pelayanannya gmn? Trus ada drg sp ortho yg bs direkomendasiin k sy ga (baik yg di rsgm maupun praktek di t4 laen)…..
        makasih ^_^

         
      • noi noy

        Maret 19, 2013 at 2:50 am

        di RSGM pelayanan oke, tapi harus datang pagi soalnya emang banyak pasiennya dan antri

         

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: