RSS

RM Saung Dage Galendo

09 Des

*INTRO
Tanggal 11 November 2012 adalah hari terakhir saya bersama teman-teman IMT F ’08 berlibur di Batu Karas, sediiih. Selama perjalanan kembali ke Bandung, bus kami sempat singgah dulu di RM Saung Dage Galendo untuk makan sore menuju malam.

*PLACE + MENU + SERVICE + PRICE
RM Saung Dage Galendo ini beralamat di Jl. Raya Ciamis-Banjar Km 3 Cijantung, Ciamis Jawa Barat. Lahan parkirnya luas sehingga nggak heran banyak bus yang berhenti disini untuk sekedar makan atau membeli oleh-oleh. Yup, selain rumah makan, Saung Dage Galendo juga ada tempat oleh-olehnya. Nama tempat oleh-olehnya Saung Galendo 2 yang terletak di depan rumah makan. Nah karena lagi pada pengen makan, ke rumah makannya dulu deh. Pas masuk ke dalam rumah makannya, tempatnya cukup luas dan terbagi 2 bagian, ada yang lesehan dan yang kursi.

Interior RM Saung Dage Galendo

Untuk sistem makannya disini prasmanan. Jadi kita langsung ke meja tempat penyediaan makanan, ambil sendiri nasi dan lauk pauknya -> bayar ke kasir -> cari tempat duduk -> makan deh. Untuk menunya tentu saja masakan sunda mulai dari nasi timbel, ayam, ikan, pepes, dan dage galendo tentunya. Apa sih dage galendo? Dage galendo tuh makanan khas Ciamis yang terbuat dari kelapa. Wujudnya sih seperti serundeng tapi lebih tebal dan berbau khas, yah dan saya dari dulu nggak suka dage galendo karena baunya itu.

Ok, backto story… Karena udah lapar berat, ikut ngantri deh buat ngambil makanan. Prasmanan berarti? laper mata! Tapi untunglah nggak terlalu laper mata soalnya keingetan mau beli oleh-oleh. Saya ambil nasi timbel, tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, serundeng, sayur daun singkong, dan sambal terasi. Total makanan saya Rp 19k. Karena lagi nggak nyantai, saya makan di kursi biasa bersama Gita dan Nay.

*FOOD + TASTE

makan sore saya (Rp 19k)

Nasi timbelnya itu asinya dibungkus daun, tapi pas difoto lupa kalo udah saya buka *udah lapar banget soalnya*. Nasinya banyak banget dan masih hangat, ayam gorengnya masih panas juga sayang sedikit berminyak, serundengnya enaaak *untung saya ambil banyak*, tempe dan tahu gorengnya kecil, sayur daun singkongnya dingin tapi rasanya enak, sambal terasinya mantap pedesnya (rate: 4/5).

Selesai makan, nggak pake lama langsung menuju ke Saung Galendo 2 beli oleh-oleh untuk si dia. Laper mata deh disana juga. Kelar belanja, balik ke bus untuk istirahat dan nggak lama bus kami pun melanjutkan perjalanan kembali ke Bandung.

Overall, RM Saung Dage Galendo:
(+) Pelayanan bagus
(+) Tempat bersih dan luas
(+) Makanan disajikan hangat dan enak semua
(+) Harga terjangkau

*CONCLUSION: Come again? Yes.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 9, 2012 in Ciamis, Kuliner

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: